Rencana Strategis
  1. Visi Program Studi Pendidikan Profesi Guru adalah Menjadi lembaga penyelenggara profesi guru yang unggul dan berintegritas berlandaskan falsafah Tri Hita karana Tahun 2045.
  2. Misi Program Studi Pendidikan Profesi Guru adalah suatu cara/strategi yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru untuk menggapai visi yang telah ditetapkan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Misi juga menggambarkan alasan khas keberadaan program studi, mengandung indentifikasi apa maksud, mengapa, dan untuk siapa Program Studi Pendidikan Profesi Guru ini diadakan.
  3. Tujuan Program Studi Pendidikan Profesi Guru adalah penjabaran/implementasi dari pernyataan misi. Tujuan pada hakekatnya merupakan sesuatu yang ingin dicapai dalam kurun waktu 1 sampai dengan 5 tahun kedepan.
  4. Sasaran Program Studi Pendidikan Profesi Guru adalah penjabaran tujuan, yaitu sesuatu yang akan dicapai/dihasilkan dalam jangka waktu tahunan, semesteran, triwulanan, atau bulanan yang diusahakan dalam bentuk kuantitatif sehingga mudah untuk diukur.
  5. Rencana Strategis Program Studi Pendidikan Profesi Guru adalah suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu 1 sampai 5 tahun kedepan dengan memperhitungkan potensi, peluang, dan kendala yang ada. Rencana Strategis mengandung visi, misi, tujuan, sasaran, dan program yang realistis dan mengantisipasi masa depan yang dinginkan dan dapat dicapai.
  6. Rencana Tindak (Action Plan), adalah jabaran strategi berupa rencana kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai setiap rencana strategis yang telah ditetapkan.
  7. Analisis SWOT (Internal & External Assessment) adalah analisis dan evaluasi baik secara internal terhadap kekuatan-kekuatan (Strenghts) dan kelemahan-kelemahan (Weaknesses) maupun secara eksternal berupa peluang (Opportunity) dan tantangan (Threats) dari Program Studi Pendidikan Profesi Guru.
  8. Isu Strategis Program Studi Pendidikan Profesi Guru adalah kesulitan atau masalah yang perlu diantisipasi karena berpengaruh besar dan bermakna terhadap fungsi dan kinerja Program Studi Pendidikan Profesi Guru. Isu strategis terkait langsung dengan: (1) keluaran atau hasil yang merupakan dampak dari kinerja organisasi secara menyeluruh; (2) pandangan anggota sivitas akademika terhadap dampak tersebut; dan (3) konsekuensi dari suatu isu terhadap alokasi sumberdaya dan bervariasinya keluaran yang direncanakan.
  9. Strategi Unggulan Program Studi Pendidikan Profesi Guru  adalah strategi yang diprioritaskan pencapaiannya dalam 5 tahun mendatang dengan didasarkan pada ketersediaan sumberdaya pendukung.