No.

Kompetensi Definisi Kompetensi Indikator
1 Pedagogik Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk merencanakan,  melaksanakan, menilai, dan mengevaluasi pembelajaran. a. Merencanakan pembelajaran meliputi:
1 Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan.
2 Mengorganisasikan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran
3 Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus dengan menerapkan prinsip Techno- Pedagogical Content Knowledge (TPACK).
b Melaksanakan pembelajaran dengan mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang mendidik dan mencerdaskan sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan potensi diri dan karakter siswa
c Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi:
1 Melaksanakan penilaian otentik- holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan (assessmen of learning)
2 Melaksanakan penilian sebagai proses belajar (assessment as learning)
3 Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. (assessment for learning)
2 Kepribadian Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang membentuk kepribadian guru yang mencerminkan perilaku akhlak mulia, kearifan, dan kewibawaan sehingga menjadi teladan bagi peserta didik Berperilaku sesuai dengan norma agama, norma hukum, norma sosial, etika, dan nilai budaya meliputi:
a. Mengamalkan ajaran agama yang dianutnya sebagai insan yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.
b Memiliki jiwa dan  rasa kebangsaan  dan cinta tanah air berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara RepubIik Indonesia Tahun 1945, komitmen NKRI, dan semangat Bhinneka Tunggal Ika.
c Menunjukkan kesadaran hukum dengan melaksanakan norma sesuai peraturan peundang-undangan di bidang pendidikan dan keguruan.
d Tampil sebagai pribadi teladan yang jujur, berakhlak mulia, beretos kerja, bertanggung jawab, dan bangga menjadi guru.
e Memiliki sikap mau mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan.
f Mampu beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasidalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia, dan
g Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarism, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarism.
3 Sosial Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/wali, dan masyarakat sekitar Memiliki kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali dan masyarakat sekitar meliputi:
a. Berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan  tulisan dengan santun, efektif, dan produktif
b Berpartisipasi sebagai warga negara yang baik dalam pembangunan bangsa
c Memiliki komitmen mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanaan tugas profesionalnya
4 Profesional Seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dikuasai, dihayati, dan diaktualisasi oleh guru a. Menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam meliputi:
1 Menganalisis kompetensi (capaian pembelajaran) sebagai dasar pemilihan materi
2 Menerapkan dan mengevaluasi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
b Menguasai teori, aplikasi, pendekatan, teknik, atau metode keilmuan, teknologi, atau seni yang relevan;
c Menemukan konsep, pendekatan, teknik, atau  metode baru dalam ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni yang relevan;
d Mendiseminasikan karya akademik atau bentuk lain yang setara pada jurnal terakreditasi atau jurnal internasionl bereputasi dan/atau karya yang dipresentasikan atau dipamerkan;
e Menerapkan pengetahuan  dan keterampilan Teknologi  Informasi dalam konteks perkembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan
f Mampu menggunakan paling sedikit satu bahasa internasional dalam mendengar, membaca, berbicara dan menulis.